Latar Belakang Masalah
Persaingan
didunia bisnis saat ini semakin meningkat dengan ketat, barang dan jasa yang
ada di pasaran bisa memiliki keseragaman antara produk yang satu dengan produk
yang lain. Hal ini dapat terjadi karena suatu produk yang sukses di pasar akan
segera diikuti oleh para pesaing dengan menghasilkan produk yang sejenis dengan
produk yang sukses tersebut, maka perlu adanya peningkatan didalam strategi
pemasaran perusahaan agar tetap eksis di pasaran.
Banyaknya
keseragaman pada produk-produk yang terdapat di pasar, membuat para konsumen
dihadapkan pada banyaknya pilihan terhadap produk yang diinginkan. Informasi
yang konsumen dapatkan tentang penjelasan produk dalam kemasan tersebut tidak
begitu membantu konsumen dalam menentukan keputusan dalam pembelian produk.
Karena
banyaknya keseragaman produk dipasaran, konsumen cenderung lebih memilih produk
yang lainnya. Produk yang memiliki perbedaan akan lebih menarik perhatian
konsumen dan dapat membantu konsumen untuk mengambil keputusan pembelian produk
dibandingkan dengan produk yang banyak beredar dipasaran untuk fungsi yang
sama. Perbedaan produk yang berhasil dicapai oleh suatu perusahaan harus
disertai dengan kualitas produk yang baik, karena produk yang berbeda dipasaran
apabila tidak dibarengi dengan kualitas yang baik maka tidak akan dinikmati
oleh konsumen.
Permasalahan
manajemen dalam perusahaan merupakan salah satu bagian yang sangat penting.
Pemasaran yang dilakukan dengan strategi yang baik akan dapat menempatkan
produk pada posisi yang tepat dan menguasai pasar. Pemasaran adalah suatu cara
yang dilakukan perusahaan untuk mengarahkan usahanya guna memuaskan konsumen
dengan memperoleh keuntungan. Dan ini merupakan pemikiran baru dalam bisnis dan
menggantikan cara berfikir yang mengarah pada produk.
Konsep
pemasaran merupakan suatu strategi bahwa perusahaan akan mengubah cara-cara
yang biasa dipakai dengan berorientasi pada pasar dan berusaha untuk
menghasilkan apa yang diinginkan konsumen, perusahaan juga harus ingat
pelayanan terhadap konsumen harus diperhatikan.
CV.
Pusat pengolahan kelapa terpadu merupakan salah satu industri yang bergerak
dalam bidang kecantikan, kesehatan, kerajinan, dll. Dalam proses pembuatan
produksinya perusahaan menggunakan bahan baku kelapa. Perusahaan dalam
menjalankan usahanya selalu mengutamakan citra perusahaan yang baik, berusaha
menjadi perusahaan yang terkemuka dibidangnya. Penguasaan dalam pembuatan
produk terus dipacu demi pertumbuhan dan pengembangan usahanya, perusahaan juga
selalu memberikan kepuasan kepada semua pihak yang berhubungan dengan
perusahaan.
Karena
produk CV. Pusat pengolahan kelapa terpadu masih baru di pasaran dan belum
adanya strategi pemasaran yang tepat sehingga menyebabkan tingkat penjualan
yang belum maksimal serta ketatnya persaingan-persaingan di industri dengan
perusahaan-perusahaan lainnya, sehingga menuntut pihak perusahaan untuk dapat
menentukan serta merencanakan strategi pemasaran yang baik bagi perusahaan.
Perusahaan
juga harus dapat menyusun strategi-strategi pemasaran sebaik mungkin dengan cara
memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada disamping itu perusahaan harus dapat
juga mengantisipasi gerakan pesaing dan ancaman.
Penetapan
strategi pemasaran akan berpengaruh terhadap naik turunnya hasil penjualan
perusahaan. Untuk dapat mencapai apa yang diinginkan oleh pihak perusahaan,
perlu di perhatikan lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Mengingat
kedua faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap kebijakan perusahaan dalam
kelangsungan kegiatan usahanya maka dengan latar belakang masalah diatas,
penulis mengambil judul “Penggunaan analisis SWOT dan analisis AHP untuk
menentukan strategi pemasaran perusahaan”
Identifikasi Masalah
Permasalahan
yang ada pada perusahaan CV. Pusat pengolahan kelapa terpadu Yogyakarta khususnya masalah strategi
pemasaran yaitu :
1.
Adanya pesaing yang ketat terhadap
perusahaan.
2.
Belum adanya perencanan dalam menentukan
strategi pemasaran.
3.
Belum terjalinnya komunikasi yang baik antara
pimpinan dengan karyawan sehingga dalam pengambilan keputusan perusahaan selalu
kurang maksimal.
Batasan
Masalah
Untuk menjaga agar lingkup permasalahan ini tidak
terlalu luas dan agar dapat dianalisa dengan baik, maka batasan masalah :
1.
Penelitian hanya
dilakukan dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan.
2.
Pembahasan hanya
tentang menentukan strategi-strategi pemasaran dalam perusahaan.
3.
Analisis dilakukan
dengan metode SWOT dan AHP (Analytic
hierarchy process).
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk
menentukan strategi pemasaran perusahaan?
2.
Bagaimana program kerja untuk merealisasikan
strategi pemasaran yang akan dilaksanakan perusahaan ?
3.
Bagaimana menentukan strategi pemasaran
perusahaan yang dapat meningkatkan hasil penjualan?
Tujuan
Penelitian
Untuk
menambah rekomendasi dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan dan
mengusulkan program-program kerja yang dapat menambah volume penjualan melalui
hasil peneliti dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan.
Manfaat Penelitian
Hasil
dari penelitian ini, agar dapat diterapkan didalam perusahaan, dengan cara :
1.
Perusahaan dapat menerapkan hasil penelitian
ini dengan memasukkan kedalam program-program kerja yang sudah disusun oleh
perusahaan.
2.
Perusahaan dapat meningkatkan strategi
pemasaran perusahaan melalui penerapan hasil penelitiaan ini melalui
pengambilan keputusan dalam perusahaan.
3.
Meningkatkan pangsa pasar sesuai dengan hasil
penelitian yang dilakukan sehingga dapat menguntungkan lebih besar lagi dari
sebelumnya.
0 comments:
Post a Comment