Latar
Belakang Masalah
Berkembangnya
usaha-usaha perdagangan yang sangat pesat pada saat ini menjadikan informasi
sebagai hal yang sangat penting peranannya dalam menunjang jalannya
operasi-operasi demi tercapainya tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.
Teknologi
internet sudah terbukti merupakan salah satu media informasi yang efektif dan
efisien dalam penyebaran informasi yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan
saja dan dimana saja. Teknologi internet mempunyai efek yang sangat besar pada
perdagangan atau bisnis. Hanya dari rumah atau ruang kantor, calon pembeli
dapat melihat produk-produk pada layar komputer, mengakses informasinya,
memesan dan membayar dengan pilihan yang tersedia. Calon pembeli dapat
menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu datang ke toko atau tempat
transaksi sehingga dari tempat duduk mereka dapat mengambil keputusan dengan
cepat. Transaksi secara online dapat menghubungkan antara penjual dan
calon pembeli secara langsung tanpa dibatasi oleh suatu ruang dan waktu. Itu
berarti transaksi penjualan secara online mempunyai calon pembeli yang
potensial dari seluruh dunia.
Sistem
penjualan yang selama ini digunakan oleh PT. Restu Mahkota Karya adalah dengan
cara kerjasama dengan dealer-dealer mobil untuk memasarkan mobil. Sistem
penjualan dengan cara ini membutuhkan waktu yang lama dalam proses penjualan
mobil tersebut maka sistem ini dinilai kurang efektif dan efesien. Jika hanya
mengandalkan sistem penjualan dengan cara tersebut maka pendapatan perusahaan
tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu perkembangan perusahaan
terasa dinilai agak lambat. Oleh karena itu dirancang suatu sistem penjualan
secara online dengan menggunakan media web atau internet dengan tujuan untuk
meminimalkan waktu proses penjualan dengan tujuan dapat meningkatkan volume
penjualan sehingga pendapatan perusahaan dapat meningkat.
Identifikasi Masalah
Adapun permasalahan yang muncul
pada PT. Restu Mahkota Karya pada saat
ini adalah:
1.
Sistem penjualan mobil yang digunakan selama
ini dengan cara bekerja sama dengan dealer-dealer mobil membutuhkan waktu yang
lama dalam memasarkan mobil tersebut sehingga dinilai kurang efektif dan
efesien.
2.
Sering kali salah satu cabang perusa haan
dikota lain tidak ada penjualan sama sekali, sedangkan biaya operasional
perusahaan terus meningkat dan tidak seimbang dengan pendapatan perusahaan.
3.
Lambatnya perkembangan perusahaan karena
kurangnya promosi perusahaan kepada masyarakat sehingga tidak semua kalangan masyarakat
mengenal perusahaan ini.
Batasan Masalah
Dalam
penulisan skripsi ini, penulis membatasi permasalahan pada sistem penjualan
secara kredit baik dari kantor pusat hingga ke cabang dengan berbasis web atau
online, dengan data input berupa data pembeli, data mobil dan data simulasi
kredit kemudian proses pembelian mobil dan data keluaran berupa laporan
penjualan kendaraan, laporan daftar customer, laporan uang muka, laporan
angsuran, dan laporan asuransi.
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan penulisan skripsi ini antara lain:
1.
Untuk menghasilkan suatu sistem penjualan
yang menggunakan media web atau internet yang dapat membantu divisi marketing
atau pemasaran dalam memasarkan mobil sehingga transaksi penjualan dapat
dilakukan dengan cepat dimana saja dan kapan saja oleh semua kalangan
masyarakat.
2.
Untuk menghasilkan suatu sistem yang
memberikan informasi tentang mobil yang dipasarkan kepada calon pembeli
sehingga mempermudah calon pembeli mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
3.
Untuk mempromosikan atau lebih
memperkenalkan perusahaan kepada semua
kalangan masyarakat sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran dengan tujuan
dapat meningkatkan penjualan.
4.
Untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan
Strata Satu di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta
jurusan Teknik Informatika.
Metode Penelitian
Setiap mengadakan pembahasan maka
tidak terlepas dari berbagai masalah yang perlu dihadapi dan harus dipecahkan.
Agar lebih praktis digunakan metode ilmiah sehingga dapat diperoleh jalan
keluar yang baik, efektif serta mudah dilaksanakan. Dalam penulisan laporan
Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web pada PT. Restu Mahkota Karya ini
metode yang digunakan adalah:
1.
Riset Lapangan
Riset
lapangan dimaksudkan untuk memperoleh informasi secara langsung dari Perusahaan
dan juga dunia internet. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah:
a.
Pengamatan, yaitu pengumpulan data dan
informasi yang dilakukan dengan cara mengamati langsung ke objek dan juga
menganalisa sistem yang sedang berjalan, serta mengamati langsung sistem
transaksi online yang sudah ada di
internet.
b.
Wawancara, yaitu pengumpulan data dengan cara
melakukan tanya jawab dengan pihak-pihak terkait.
2.
Studi Pustaka
Data
diperoleh melalui buku-buku literatur yang berhubungan dengan masalah yang akan
diteliti sebagai bahan referensi bagi penulis.
0 comments:
Post a Comment